Saturday, November 8, 2014

Cara Menghilangkan Bau Tanah pada Ikan Bandeng

Cara Menghilangkan Bau Tanah pada Ikan Bandeng


Bandeng jenis ikan yang fleksibel dan dapat diolah dengan berbagai cara menggunakan beragam resep ikan. 

Setelah memilih ikan bandeng segar untuk diolah maka ada hal lain yang juga penting untuk kita ketahui yaitu mengatasi bandeng yang berbau tanah. Sebab bandeng yang berbau berbau tanah tentu tidak disukai banyak kalangan. Secara fisik, bandeng yang berbau tanah dapat dilihat dari punggungnya. Ciri-cirinya adalah punggung bandeng berwarna kecoklat-coklatan atau abu-abu pucat (tidak berwarna biru cerah), itu menandakan bahwa daging bandeng tersebut berbau tanah.

Bandeng juga termasuk jenis bahan pangan yang mudah rusak. Sehingga ikan bandeng harus diolah dengan cara yang benar agar tidak merusak tekstur ikan tersebut, berbau lumpur / tanah. Berikut cara menghilangkan bau tanah/lumpur pada ikan bandeng: 
  1. Dengan Es Batu. Untuk mengatasinya ada cara yang paling mudah yaitu menggunakan es batu. Es yang berbentuk curah lebih efektif untuk mendinginkan. Ukuran yang paling ideal antara es dengan ikan adalah 1 : 1. Wadah pendingin upayakan dari bahan kedap air dan tertutup rapat, agar es tidak cepat mencair. Untuk pendingin jangka lama bisa disimpan dalam freezer.
  2. Dengan Cuka. Caranya : cuci bersih ikan bandeng, lalu olesi seluruh permukaan bandeng dengan cuka. Diamkan selama 20 menit, lalu cuci sampai bersih
  3. Dengan Garam. Garam juga sangat membantu untuk menghilangkan bau lumpur atau tanah pada ikan bandeng. Caranya: cuci bersih ikan bandeng. Jika bandeng berukuran besar, maka potong dahulu ikan tersebut sesuai kebutuhan. Buat rendaman yang terbuat dari campuran air, garam, dan kunyit. Lalu rendam bandeng tersebut selama sekitar 1 jam. Setelah itu anda dapat mengolah bandeng yang telah direndam tersebut. Kalau anda tidak ingin ikan bandeng terlalu asin, anda dapat mencuci lagi ikan bandeng sebelum diolah. 

Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba ..^^

Sumber :

  • Widro, Age. 2010. Ayo!.. Membuat Bandeng Presto. Tangerang : PT Panca Anugrah Sakti
  • http://www.royco.co.id/article/detail/645099/menghilangkan-bau-lumpur-pada-ikan-bandeng

0 komentar:

Post a Comment