Monday, December 1, 2014

Tips Memilih Beras Ketan yang Berkualitas

Tips Memilih Beras Ketan yang Berkualitas, Info resep lezat, jenis beras ketan, long grain, medium grain, short grain,Tips on Choosing a Qualified Sticky rice
Beras Ketan
Info resep lezat akan membagikan tips memilih beras ketan yang berkualitas. Beras ketan merupakan salah satu diantara bahan makanan pokok yang umumnya diolah menjadi beragam sajian yang lezat. Beras ketan atau nama ilmiahnya Oriza sativa var glutinosa, ini dalam setiap butirannya mengandung zat gelatin yang tinggi yang menyebabkan jika dimasak maka menjadi lengket satu dengan yang lainnya. Gelatin ini sama dengan yang terdapat pada pati kanji.

Ada beberapa jenis beras ketan yang dapat kita jumpai di pasaran. Masing-masing jenis beras ketan ternyata memiliki keunikan tekstur dan rasa tersendiri. Umumnya beras ketan diklasifikasikan berdasarkan biji butirannya, karena memiliki ukuran dan sifat yang berbeda pula. Antara lain sebagai berikut :

  • Long Grain. Memiliki butiran berukuran kecil panjang, jika dimasak butirannya tidak lengket dan saling terpisah.
  • Medium Grain. Butirannya lebih pendek dan agak bulat.
  • Short Grain. Butirannya lebih bulat dan memiliki tingkat rasa pulen. Jika dimasak agak lengket dan cocok untuk sajian seperti lemper.

Berikut ini tips memilih beras ketan yang berkualitas :
  1. Pilih beras ketan yang butirannya utuh dan tidak rapuh sehingga tidak banyak patahannya.
  2. Beras ketan yang  baik, tidak ada campuran benda-benda asing seperti ulat beras, tidak ada batu ataupun kotoran lainnya yang bersifat membahayakan kesehatan tubuh.
  3. Jika dicium, aroma wangi beras akan tetap segar seperti aroma pandan. Walaupun telah dicuci dan dibilas, beras ketan tetap beraroma segar.
  4. Untuk beras ketan putih, jika diterawang warnanya putih tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin dan tidak berwarna kusam kekuningan.
  5. Ingat, tidak selamanya beras putih itu alami. Kini banyak beras putih yang dimanipulasi dengan bahan pemutih. Bila beras terasa pahit berarti beras tersebut sudah diberi tambahan pemutih.
  6. Pilih beras ketan yang bertuliskan food grade agar tidak terkontaminasi dengan bahan-bahan beracun.

Semoga tips di atas bermanfaat... ^^

Sumber  :
  • Tabloid aneka resep dan tips LeZAT :: Edisi 272 :: Tahun X :: 19 November - 2 Desember 2014

0 komentar:

Post a Comment