Saturday, November 8, 2014

Tips Mengukus Sayuran

Tips Mengukus Sayuran, Tips Steaming Vegetables

Mengukus merupakan cara memasak paling ideal untuk sayuran dan makanan lunak seperti ikan, baik yang utuh maupun fillet dan steak. Cara memasak ini sangat cocok terutama untuk para pediet karena vitamin dan mineral yang hilang selama proses pemasakan sangat sedikit dan tidak perlu menggunakan minyak atau lemak. Semua jenis sayuran dapat dikukus. Cara mengukus sayuran yang baik, yaitu sebagai berikut:
  1. Pastikan semua sayuran dipotong dalam ukuran yang sama sehingga matangnya merata. Jika anda menginginkan sayuran cepat matang maka anda dapat memotongnya dengan ukuran yang lebih kecil. Usahakan memberikan selang waktu yang berbeda untuk mengukus sayuran yang jenisnya berbeda karena akan mempengaruhi cepat atau tidaknya sayuran itu empuk. 
  2. Siapkan panci kukus serta air secukupnya. Usahakan tinggi air tidak menyentuh saringan dalam panci kukus.
  3. Didihkan air.
  4. Setelah air mendidih masukkan sayuran yang hendak dikukus. 
  5. Tambahkan sedikit bumbu segar seperti basil/daun kemangi, daun ketumbar, atau yang lainnya.
  6. Setelah matang, sajikan sayuran kukus segera sesudah matang untuk mendapatkan cita rasa yang terbaik.

Sayuran biasanya hanya butuh waktu beberapa menit untuk matang saat dikukus. Sayuran seperti bayam atau kacang polong  biasanya hanya butuh waktu 3 menit untuk dikukus. Sementara brokoli, kembang kol, dan buncis biasanya butuh waktu 5-7 menit. Sementara jenis sayuran yang lebih keras seperti wortel dan kentang butuh waktu 8-20 menit untuk matang.

Saat mengukus sayuran, usahakan untuk selalu mengeceknya setiap tiga menit sekali. Salah satu tujuannya adalah agar sayuran Anda tidak terlalu matang atau lembek.

Sumber :
  • Nurapni, Popy. Makanan Khas Nusantara. 2010. Bekasi : Adhi Aksara Abadi indonesia
  • http://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur/73980-bagaimana-cara-mengukus-sayuran-yang-baik-dan-benar.html

0 komentar:

Post a Comment