Monday, November 24, 2014

Tips Membuat Puff Pastry Renyah dan Gurih

Info resep Lezat, Tps dan Cara Membuat Puff Pastry Renyah dan Gurih, Make Crispy Puff Pastry and Savoury


Puff pastry adalah salah satu jenis adonan patiseri/pastry yang menghasilkan kue dengan tekstur yang berlapis-lapis seperti lembaran yang bertumpuk. Adonan ini terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, air dan telur. Setelah adonan tercampur rata lalu digilas berulang kali dan diberi shortening lalu digilas kembali hingga memiliki lapisan-lapisan tipis. Tekstur yang dihasilkan dari puff pastry yang telah dioven lembut tetap renyah. Hal inilah yang membuat banyak orang menyukainya.

Umumnya, puff pastry diberi isian atau sekedar topping. Banyak yang lebih menyukai puff pastry dengan rasa manis, meskipun bisa juga dibuat menjadi gurih. Namun membuat puff pastry yang renyah dan berlapis tidaklah mudah. Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam proses pembuatannya.

Berikut beberapa tips agar membuat puff pastry yang gurih dan renyak :
  1. Sebaiknya menggunakan tepung terigu protein tinggi  agar adonan dapat mengembang dengan baik dan dapat menghasilkan lembaran-lembaran yang berlapis.
  2. Sebaiknya menggunakan air es untuk mencampur adonan, agar dapat menghasilkan adonan yang elastis. Sehingga adonan yang dihasilkan mudah untuk dibentuk.
  3. Sebaiknya tidak menggunakan shortening yang berasal dari mentega murni, sebab jika mengunakan mentega murni maka adonan yang dihasilkan akan berminyak. Tentunya jika teksturnya berminyak, maka adonan sulit untuk dibentuk. Gunakan shortening khusus untuk puff pastry.
  4. Sebaiknya tidak menggilas adonan terlalu tipis, sebab jika terlalu tipis dapat mengakibatkan adonanan pecah.
  5. Gunakan pisau yang tajam agar tidak merusak lapisan adonan yang telah terbentuk.
  6. Ketika memotong atau mencetak adonan, sebaiknya berada pada suhu yang sama dengan suhu ruang.
  7. Gunakan suhu kurang lebih 200 derajat celcius untuk proses pemanggangan agar memperoleh hasil kerangka yang maksimal, setelah kerangka terbentuk maka suhu dapat diturunkan agar bagian dalam puff pastry dapat matang sempurna.
  8. Jika bentuk yang anda gunakan merupakan lipatan, maka gunakan putih telur untuk merekatkan bagian ujung adonan agar saat dipanggang, lipatan adonan tidak terbuka.

Sumber :
  • Booklet Kelas Pemula Volume 133 - Olahan Kacang Hijau untuk Sajian Cake & Bakery LeZAT

0 komentar:

Post a Comment