Thursday, November 20, 2014

Tips Pengolahan Rumput Laut

Tips Pengolahan Rumput Laut,  Tips Seaweed Processing,

Pengolahan rumput laut menjadi bahan baku harus dilakukan dengan hati-hati. Pengolahan rumput laut dapat dilakukan oleh petani maupun perusahaan. 

Berikut ini langkah-langkah pengolahan rumput laut menjadi bahan baku atau rumput laut kering.
  1. Rumput laut dibersihkan dari kotoran, seperti pasir dan batu-batuan. Kemudian, pisahkan jenis rumput laut yang satu dengan yang lain.
  2. Setelah bersih, rumput laut dijemur sampai kering. Apabila cuaca cukup baik, penjemuran hanya memerlukan waktu tiga hari. Agar hasilnya berkualitas tinggi, rumput laut dijemur di atas para-para dan tidak boleh ditumpuk. Rumput laut yang kering ditandai dengan keluarnya garam.
  3. Setelah kering, rumput laut lalu dicuci. Untuk membuat agar-agar, pencucian rumput laut kering menggunakan air tawar. Untuk membuat keraginan, pencucian menggunakan air laut. Setelah dicuci, lalu dijemur kembali selama sehari.
  4. Rumput laut yang telah dikeringkan untuk kedua kalinya lalu diayak untuk menghilangkan kotoran yang masih tertinggal. 

Setelah semua langkah- langkah tersebut dilakukan, rumput laut yang bersih dimasukkan ke dalam karung goni, karung tersebut diberi keterangan dengan menuliskan nama jenis rumput laut dan beratnya.

Semoga tips di atas bermanfaat... ^^

Sumber :
  • Somad, Abdul Adi. 2006. Budidaya dan Pengolahan Rumput Laut. Bandung : CV Globalindo

0 komentar:

Post a Comment