Monday, November 17, 2014

Tips dan Trik Seputar Bakso

Tips dan trik seputar bakso, tips and tricks about meatballs,  Agar bakso lezat, kenyal, gurih, dan tahan lama, kuah lebih nikmat,  In order meatballs are delicious, chewy, savory, and durable, more delicious gravy

Agar bakso lezat, kenyal, dan gurih
Agar bakso yang kita buat berasa lezat, kenyal dan gurih, ada empat hal yang harus diperhatikan.
  1. Gunakan daging yang berkualitas baik, tanpa lemak dan urat, dan menggilingnya sampai halus seperti pasta (bubur daging hasil di blender).
  2. Gunakan STF (Sodium Tripoli Fosfat) untuk mengenyalkan bakso.
  3. Tidak menggunakan monosodium glutamate (MSG) pada adonan, baik berupa vetsin atau bumbu penyedap lainnya.
  4. Jika kita mengambil bakso dari lemari es, cucilah terlebih dahulu bakso tersebut dengan menggunakan air hangat sebelum diolah menjadi masakan/hidangan.

Agar bakso tahan lama
Agar bakso tahan lama, ada tiga hal yang harus diperhatikan:
  1. Jika kita membuatnya sendiri, pastikan ketika bakso matang, segeralah masukkan ke dalam kemasan (plastik rapat atau wadah kedap udara). Setelah dingin, simpan dilemari es.
  2. Jika disimpan di dalam lemari es bagian pendingin daging (chiller), sebaiknya bakso disimpan dalam kantong plastik rapat atau dalam wadah tertutup. Bakso akan tahan selama 5 hari.
  3. Jika disimpan dalam freezer (bagian pembeku di dalam lemari es), sebaiknya bakso disimpan dalam wadah plastik atau kantong plastik tebal dan tertutup rapat. Bakso akan tahan selama satu bulan bahkan lebih.

Agar kuah bakso lebih nikmat
Jika anda ingin membuat mi bakso, perhatian anda tentu tidak hanya pada baksonya, melainkan juga kuahnya.  Artinya, setelah anda mendapatkan bakso yang baik, pastikan kuah yang anda buat pun lezat. Ada tiga hal yang harus diperhatikan agar kuah bakso lebih nikmat:
  1. Tidak perlu tergantung pada tambahan bumbu penyedap seperti monosodium glutamate (MSG) sejenis vetsin.
  2. Buatlah kuah bakso yang berasal dari kaldu daging asli yang diberi bumbu. Selain itu, buatlah kuah bakso dari bahan daging yang cukup banyak. Jumlah daging yang digunakan, sekitar 10 % dari kuah yang dihasilkan. Nah, dengan cara seperti ini, anda bisa membuat kuah bakso yang lezat tanpa tambahan MSG.

Semoga tips dan trik seputar bakso di atas bermanfaat......^^

Sumber :
  • Yunita. 2006. Seri Teknologi Makanan : Membuat Bakso Sendiri, Yuk!. Bandung : CV Jasa Grafika Indonesia 

0 komentar:

Post a Comment